Setting irit Honda Accord Maestro
Sebenarnya ada cara yang jauh lebih advance semisal setting semi sport dengan memperbaiki aliran udara dan asupan bahan bakar serta memperbaiki efisiensinya dengan cara bongkar mesin.atau dengan menggunakan
Piggyback semisal dastek.....
Fc standart maestro untuk kondisi macet dalam kota adalah 1 : 6,5 s/d 1,7 km/liter..sementara untuk luar kota 1 : 11 s/d 1: 12 km/liter.
Melihat angka yang jauh antara dalam dan luar kota bisa disimpulkan bahwa management ECU maestro , membuat pembakarannya kaya pada putaran rendah, atau istilah perbengkengkelan mesinnya basah untuk dalam kota.
Satu-satunya jalan untuk memperbaikinya adalah dengan dengan menggunakan piggyback yang akan di jelaskan dalam topik selanjutnya . dengan piggyback maka kita bisa mensetting semprotan injector di tiap rpm sesuai dengan keinginan kita , dengan syarat tenaga lumayan Fc juga bagus.
Langkah sederhana untuk membuat irit adalah sbb :
1. Setting rpm , jangan terlalu tinggi cukup 800 rpm kondisi iddle tanpa ac.
Caranya adalah putar baut seperti ditunjuk pada panah no. 1 putar sampai rpm sesuai.
2. Setting iddle Up AC jangan terlalu tiinggi.
Posisi panah no. 2 pada EACV . putar sampai rpm naik menjadi 850 rpm . (baut bintang)
Panah no. 5 adalah fast iddle , menggunakan cara mekanik termostat,, berguna untuk pemanasan di pagi hari
Kondisi fix tidak bisa di setting rpm saat pagi sekitar 1500 s/d 2000 rpm .
3. Setting CO pada ECU
Ecu pada maestro seperti halnya cielo atu genio masih menggunakan socket lama non OBD 1 atau OBD 2 Ecunya fixed. kita hanya bisa menggunakan Engine analizer / diagnostic untuk melihat kerusakan sensor tanpa
mensettingnya.
Posisi Ecu di bawah kaki penumpang depan , di bawah karpet. setelan seperti tanda panah adalah 180 derajat
maksimal dari kiri ke kanan, apabila setelan kita putar CCW ( berlawanan arah jarum jam ) . maka CO makin
Tinggi . CW (searah jarum jam ) CO makin rendah .
CO tinggi menunjukkan bahwa campuran bahan bakar makin kaya .
Cara setting adalah : Putar baut maksimal ke kanan ( miskin / lean ) . lalu kurangi sekitar 10 s/d 15 derajat ke kiri ( rich ) .
4. Setting pengapian
Distributor.
Set waktu pengapian yang sesuai .
Sebenarnya secara standart sudah ada patokan pabrikan untuk derajat pengapian .tapi untuk kondisi mobil
yang sudah tua dan ada potensi banyak kerak di piston , maka patokan tersebut bisa sedikit berubah .
Maestro tidak memiliki Ecu yang advance dengan sensor knocking seperti mobil2 terbaru . yang bisa memundurkan pengapian apabila ada sedikit knocking / ngelitik.
Jadi kita harus mensettingnya secara manual .
Putaran distributor advance ( maju ) adalah berlawanan dengan putaran mesin . putaran distributor mundur
( retarded ) adalah searah putaran mesin .
Cara mudah melihat arah putaran mesin adalah melihat putaran V-belt power steering atau Ac saat mesin
Hidup.
Cara nya untuk setting pengapian sbb :
Kendurkan 3 bautnya .
putar distributor ke depan atau ke belakang seperti pada foto .
Putar mendekati maksimal ke belakang agar pengapian maju / advance .
Lalu lakukan trial error . start mobil , masukan gigi 2 . gas maksimal sampai 4000 rpm atau lebih .
Akan terdengar suara knocking yang cukup keras .
Matikan mobil , putar distributor ke depan ( retarded ) sedikit demi sedikit .
Lakukan kembali seperti langkah pertama yaitu gas mobil pada gigi 2. lakukan terus sampai suara knocking
Hilang .
Lalu kencangkan 3 baut distributor . Apabila langkah dilakukan dengan benar maka pengapian mobil sudah
di stel maju maksimal tanpa ada knocking . biasanya suara mobil lebih halus . dan tarikan lebih instan.
Level : pemula
Lama setting : sekitar 20 menit
5. Ganti saringan udara yang kotor.
Kotoran akan mengurangi asupan udara ke mesin.
6. Cek kebocoran2 pada selang2 vacum .
7. Modifikasi kepala busi.
Modifikasi ini di ilhami pada setting sepeda motor yang biasa di gunakan untuk balapan .
yaitu memotong kepala busi dan menekuknya ke arah elektroda sbb :
Busi standart :
Busi hasil modifikasi :
Tujuanya agar percikan api busi lebih besar dan arahnya direct ke ruang combustion. awalnya saya skeptis dengan cara tersebut tetapi ternyata hasilnya di luar dugaan .
Cara yang sederhana tersebut ternyata menaikkan akselerasi di putaran bawah cukup instant .
Coba saja deh kalau nggak percaya .
8. Stel kerenggangan valve sesuai standart pabrikan .
Pada kondisi mesin dingin :
Katup in : 0,25 mm
katup out : 0,30 mm
Setting renggang boleh di coba untuk perbandingan
setting renggang 0,30 in dan 0,33 ex
9. Kampas kopling atau matahari yang lemah juga mengakibatkan FC memburuk .
10. Ban standart jangan terlalu besar demikian juga velgnya cukup ring 15 .
ban maksimal 195 65 R 15 sudah cukup baik untuk kompromi fc dan kenyamanan.
11. Gaya mengemudi yangg halus.
12. Tekanan ban cukup 31 psi depan belakang .
Itu saja sedikit informasi yang bisa saya berikan ,,semga bermanfaat...terima kasih
Sebenarnya ada cara yang jauh lebih advance semisal setting semi sport dengan memperbaiki aliran udara dan asupan bahan bakar serta memperbaiki efisiensinya dengan cara bongkar mesin.atau dengan menggunakan
Piggyback semisal dastek.....
Fc standart maestro untuk kondisi macet dalam kota adalah 1 : 6,5 s/d 1,7 km/liter..sementara untuk luar kota 1 : 11 s/d 1: 12 km/liter.
Melihat angka yang jauh antara dalam dan luar kota bisa disimpulkan bahwa management ECU maestro , membuat pembakarannya kaya pada putaran rendah, atau istilah perbengkengkelan mesinnya basah untuk dalam kota.
Satu-satunya jalan untuk memperbaikinya adalah dengan dengan menggunakan piggyback yang akan di jelaskan dalam topik selanjutnya . dengan piggyback maka kita bisa mensetting semprotan injector di tiap rpm sesuai dengan keinginan kita , dengan syarat tenaga lumayan Fc juga bagus.
Langkah sederhana untuk membuat irit adalah sbb :
1. Setting rpm , jangan terlalu tinggi cukup 800 rpm kondisi iddle tanpa ac.
Caranya adalah putar baut seperti ditunjuk pada panah no. 1 putar sampai rpm sesuai.
2. Setting iddle Up AC jangan terlalu tiinggi.
Posisi panah no. 2 pada EACV . putar sampai rpm naik menjadi 850 rpm . (baut bintang)
Panah no. 5 adalah fast iddle , menggunakan cara mekanik termostat,, berguna untuk pemanasan di pagi hari
Kondisi fix tidak bisa di setting rpm saat pagi sekitar 1500 s/d 2000 rpm .
3. Setting CO pada ECU
Ecu pada maestro seperti halnya cielo atu genio masih menggunakan socket lama non OBD 1 atau OBD 2 Ecunya fixed. kita hanya bisa menggunakan Engine analizer / diagnostic untuk melihat kerusakan sensor tanpa
mensettingnya.
Posisi Ecu di bawah kaki penumpang depan , di bawah karpet. setelan seperti tanda panah adalah 180 derajat
maksimal dari kiri ke kanan, apabila setelan kita putar CCW ( berlawanan arah jarum jam ) . maka CO makin
Tinggi . CW (searah jarum jam ) CO makin rendah .
CO tinggi menunjukkan bahwa campuran bahan bakar makin kaya .
Cara setting adalah : Putar baut maksimal ke kanan ( miskin / lean ) . lalu kurangi sekitar 10 s/d 15 derajat ke kiri ( rich ) .
4. Setting pengapian
Distributor.
Set waktu pengapian yang sesuai .
Sebenarnya secara standart sudah ada patokan pabrikan untuk derajat pengapian .tapi untuk kondisi mobil
yang sudah tua dan ada potensi banyak kerak di piston , maka patokan tersebut bisa sedikit berubah .
Maestro tidak memiliki Ecu yang advance dengan sensor knocking seperti mobil2 terbaru . yang bisa memundurkan pengapian apabila ada sedikit knocking / ngelitik.
Jadi kita harus mensettingnya secara manual .
Putaran distributor advance ( maju ) adalah berlawanan dengan putaran mesin . putaran distributor mundur
( retarded ) adalah searah putaran mesin .
Cara mudah melihat arah putaran mesin adalah melihat putaran V-belt power steering atau Ac saat mesin
Hidup.
Cara nya untuk setting pengapian sbb :
Kendurkan 3 bautnya .
putar distributor ke depan atau ke belakang seperti pada foto .
Putar mendekati maksimal ke belakang agar pengapian maju / advance .
Lalu lakukan trial error . start mobil , masukan gigi 2 . gas maksimal sampai 4000 rpm atau lebih .
Akan terdengar suara knocking yang cukup keras .
Matikan mobil , putar distributor ke depan ( retarded ) sedikit demi sedikit .
Lakukan kembali seperti langkah pertama yaitu gas mobil pada gigi 2. lakukan terus sampai suara knocking
Hilang .
Lalu kencangkan 3 baut distributor . Apabila langkah dilakukan dengan benar maka pengapian mobil sudah
di stel maju maksimal tanpa ada knocking . biasanya suara mobil lebih halus . dan tarikan lebih instan.
Level : pemula
Lama setting : sekitar 20 menit
5. Ganti saringan udara yang kotor.
Kotoran akan mengurangi asupan udara ke mesin.
6. Cek kebocoran2 pada selang2 vacum .
7. Modifikasi kepala busi.
Modifikasi ini di ilhami pada setting sepeda motor yang biasa di gunakan untuk balapan .
yaitu memotong kepala busi dan menekuknya ke arah elektroda sbb :
Busi standart :
Busi hasil modifikasi :
Tujuanya agar percikan api busi lebih besar dan arahnya direct ke ruang combustion. awalnya saya skeptis dengan cara tersebut tetapi ternyata hasilnya di luar dugaan .
Cara yang sederhana tersebut ternyata menaikkan akselerasi di putaran bawah cukup instant .
Coba saja deh kalau nggak percaya .
8. Stel kerenggangan valve sesuai standart pabrikan .
Pada kondisi mesin dingin :
Katup in : 0,25 mm
katup out : 0,30 mm
Setting renggang boleh di coba untuk perbandingan
setting renggang 0,30 in dan 0,33 ex
9. Kampas kopling atau matahari yang lemah juga mengakibatkan FC memburuk .
10. Ban standart jangan terlalu besar demikian juga velgnya cukup ring 15 .
ban maksimal 195 65 R 15 sudah cukup baik untuk kompromi fc dan kenyamanan.
11. Gaya mengemudi yangg halus.
12. Tekanan ban cukup 31 psi depan belakang .
Itu saja sedikit informasi yang bisa saya berikan ,,semga bermanfaat...terima kasih
Sipp deh tmbh pengetahuan
BalasHapusMerkur Gold Strike Safety Razor - FEBCASINO
BalasHapusMerkur's Gold https://febcasino.com/review/merit-casino/ Strike Safety Razor, Merkur https://vannienailor4166blog.blogspot.com/ Platinum https://tricktactoe.com/ Edge Plated Finish, German, Gold-Plated, Satin Chrome Finish. Merkur has wooricasinos.info a more aggressive looking, 1xbet 먹튀
The King Casino - Atlantic City, NJ | Jancasino
BalasHapusCome on in the King Casino for fun, no wagering requirements, delicious https://jancasino.com/review/merit-casino/ dining, and enjoyable casino gaming all at the deccasino heart of Atlantic City. herzamanindir