Translate

Minggu, 02 November 2014

Setting irit

Setting irit Honda Accord Maestro

Sebenarnya ada cara yang jauh lebih advance semisal setting semi sport dengan memperbaiki aliran udara dan asupan bahan bakar serta memperbaiki efisiensinya dengan cara bongkar mesin.atau dengan menggunakan
Piggyback semisal dastek.....

Fc standart maestro untuk kondisi macet dalam kota adalah  1 : 6,5     s/d  1,7  km/liter..sementara untuk luar kota  1 :  11  s/d  1: 12   km/liter.

Melihat angka yang jauh antara dalam dan luar kota  bisa disimpulkan bahwa management ECU maestro   , membuat pembakarannya kaya pada putaran rendah, atau istilah perbengkengkelan mesinnya basah untuk dalam kota.

Satu-satunya jalan untuk memperbaikinya adalah dengan dengan menggunakan piggyback yang akan di jelaskan dalam topik selanjutnya . dengan piggyback maka kita bisa mensetting semprotan injector  di tiap rpm sesuai dengan keinginan kita  , dengan syarat tenaga lumayan  Fc juga bagus.


Langkah sederhana untuk membuat irit adalah sbb :

1.  Setting rpm ,  jangan terlalu tinggi cukup  800   rpm kondisi  iddle tanpa ac. 



   

Caranya adalah putar baut seperti ditunjuk  pada panah  no. 1   putar sampai rpm sesuai.

2.  Setting iddle  Up AC   jangan terlalu tiinggi.

     Posisi panah no. 2  pada EACV .  putar sampai rpm naik menjadi  850 rpm . (baut bintang)
     Panah no. 5  adalah fast iddle , menggunakan cara mekanik termostat,,  berguna untuk pemanasan di pagi hari
     Kondisi fix  tidak bisa di setting  rpm saat pagi  sekitar 1500   s/d   2000  rpm .   



 
 3.  Setting   CO  pada ECU


      Ecu pada maestro seperti halnya cielo atu genio  masih menggunakan socket lama non OBD 1  atau OBD 2         Ecunya fixed. kita hanya bisa menggunakan Engine analizer / diagnostic  untuk melihat  kerusakan sensor tanpa
 mensettingnya.  


 
 Posisi Ecu di bawah kaki penumpang depan , di bawah karpet. setelan  seperti tanda panah  adalah 180  derajat  
 maksimal  dari kiri ke kanan, apabila  setelan kita putar  CCW  ( berlawanan arah jarum jam ) .  maka CO makin
 Tinggi . CW (searah jarum jam )   CO  makin rendah .
 CO tinggi menunjukkan  bahwa campuran bahan bakar makin kaya .
 Cara setting adalah   :   Putar baut maksimal ke kanan  (  miskin  /  lean  ) .  lalu  kurangi sekitar  10  s/d  15   derajat ke kiri  ( rich ) .

4.  Setting pengapian 

     Distributor.  


 
  Set  waktu pengapian yang sesuai .
  Sebenarnya secara standart sudah ada patokan pabrikan untuk derajat pengapian .tapi untuk kondisi mobil 
  yang sudah tua  dan ada potensi banyak kerak di piston  ,  maka patokan tersebut bisa sedikit berubah .
  Maestro tidak memiliki Ecu yang advance dengan sensor  knocking seperti mobil2 terbaru  .  yang bisa memundurkan pengapian apabila ada sedikit knocking / ngelitik.

   Jadi kita harus mensettingnya secara manual .
   Putaran distributor  advance  ( maju ) adalah berlawanan dengan putaran mesin . putaran distributor  mundur
   ( retarded )  adalah searah putaran mesin .
    Cara mudah melihat  arah  putaran mesin adalah melihat  putaran  V-belt  power steering   atau Ac  saat mesin 
    Hidup.
    Cara nya untuk setting pengapian  sbb :
   Kendurkan  3 bautnya .
   putar distributor  ke depan atau ke belakang  seperti pada foto .
   Putar mendekati maksimal  ke belakang  agar pengapian  maju  /  advance .
   Lalu lakukan trial  error  .  start mobil  ,  masukan gigi 2   .  gas maksimal sampai  4000 rpm   atau lebih .
   Akan terdengar suara knocking  yang cukup keras .
   Matikan mobil , putar distributor  ke depan  ( retarded ) sedikit demi sedikit  .
   Lakukan  kembali seperti langkah pertama yaitu gas mobil pada gigi 2. lakukan terus sampai  suara knocking 
   Hilang .
   Lalu kencangkan 3 baut distributor . Apabila langkah dilakukan dengan benar  maka pengapian mobil sudah 
   di stel maju maksimal  tanpa ada knocking . biasanya suara mobil lebih halus  . dan tarikan lebih instan.
   

    Level   :  pemula
    
    Lama setting   :   sekitar 20 menit


5.  Ganti  saringan udara yang kotor.

     Kotoran akan mengurangi asupan udara ke mesin.

 6.  Cek kebocoran2  pada selang2 vacum .
 7.   Modifikasi kepala busi.

       Modifikasi ini di ilhami pada  setting sepeda motor yang biasa di gunakan untuk balapan  .
       yaitu memotong kepala busi dan menekuknya ke arah elektroda sbb  :

       Busi standart   :   


     
       
  Busi hasil modifikasi   :

Tujuanya agar percikan api busi lebih besar  dan arahnya direct ke ruang combustion. awalnya saya skeptis dengan cara tersebut  tetapi ternyata  hasilnya di luar dugaan .

Cara yang sederhana tersebut  ternyata menaikkan akselerasi di putaran  bawah cukup instant .
Coba saja deh kalau nggak percaya  .

8. Stel kerenggangan valve sesuai standart pabrikan .

     Pada kondisi mesin dingin   :
     Katup in     :   0,25   mm
     katup  out  :   0,30   mm

     Setting renggang boleh di coba untuk perbandingan 
     setting  renggang  0,30  in   dan 0,33  ex  

9.  Kampas kopling  atau matahari yang lemah juga mengakibatkan FC   memburuk .

10.  Ban standart jangan terlalu besar demikian juga velgnya  cukup ring 15 .
       ban maksimal 195  65  R  15  sudah cukup  baik untuk kompromi fc dan kenyamanan.

11.   Gaya mengemudi yangg halus.

12.   Tekanan ban cukup  31 psi  depan belakang . 



  Itu saja sedikit informasi yang bisa saya berikan  ,,semga bermanfaat...terima kasih 

3 komentar:

  1. Merkur Gold Strike Safety Razor - FEBCASINO
    Merkur's Gold https://febcasino.com/review/merit-casino/ Strike Safety Razor, Merkur https://vannienailor4166blog.blogspot.com/ Platinum https://tricktactoe.com/ Edge Plated Finish, German, Gold-Plated, Satin Chrome Finish. Merkur has wooricasinos.info a more aggressive looking, 1xbet 먹튀

    BalasHapus
  2. The King Casino - Atlantic City, NJ | Jancasino
    Come on in the King Casino for fun, no wagering requirements, delicious https://jancasino.com/review/merit-casino/ dining, and enjoyable casino gaming all at the deccasino heart of Atlantic City. herzamanindir

    BalasHapus